A huge collection of 3400+ free website templates JAR theme com WP themes and more at the biggest community-driven free web design site
Home / Berita / Daihatsu Tidak Pasarkan Kei Car di Indonesia

Daihatsu Tidak Pasarkan Kei Car di Indonesia

Mobil Baru Daihatsu, Jakarta – Populasi yang tinggi serta jumlah kendaraan yang banyak menyebabkan produsen mobil asal Jepang banyak memasarkan Kei Car di negeri asalnya. Kei car atau Keijidosha dalam bahasa Jepang, berarti mobil dengan dimensi yang terbilang kecil dan juga menggunakan mesin berkapasitas kecil.

Mobil tersebut dianggap sebagian kalangan cocok digunakan untuk jalanan seperti Jakarta. Lantas mengapa para produsen mobil asal Jepang enggan memasarkan Kei Car di Indonesia?

Daihatsu sebagai salah satu pemain terbesar Kei Car di Jepang menjawab bahwa mobil tersebut dianggap tidak cocok secara desain dan mesinnya bagi orang Indonesia.

“Modelnya kotak, orang Indonesia kalau kotak kurang suka, memang ada yang suka tapi umunya terbatas. Mesinnya juga kan kecil, rata-rata 650cc, sementara di Indonesia itu sukanya mesin sekitar 1.000cc,” terang Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM),saat ditemui di Jakarta, Selasa (10/5).

Lebih lanjut wanita yang kerap disapa Amel tersebut menyatakan, masalah harga juga menjadi alasan mengapa Daihatsu tidak memasarkan Kei Car di Indonesia.

“Harga dipastikan akan lebih mahal, karena Kei Car hanya diproduksi dan dipasarkan di Jepang sehingga jika masuk Indonesia akan berstatus CBU, kalau sudah CBU pasti kena pajak bahkan harganya bisa naik 2x lipat,” tambahnya.

id_user_200-P-20150820-144614_1462868566318

Padahal pada perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 lalu, Daihatsu memamerkan empat Kei Car andalan mereka untuk pasaran Jepang, yakni Move, Wake, dan Cocoa dan Hijet.

Bahkan di negeri asalnya, penjualan Kei Car Daihatsu dikatakan Amel pada tahun 2015 mencapai 800 ribu unit. Apakah ada kemungkinan Kei Car dipasarkan di Indonesia.

Menurut Amel semua tergantung pada penjualannya. “Tergantung volume, paling tidakkan kalau mau diproduksi itu volumenya 10 ribu unit dan perlu waktu serta dana yang besar bila ingin diproduksi di sini, bahkan bisa mencapai triliunan rupiah,” pungkasnya. Baca juga mengenai Harga Mobil.

About Thailand

Check Also

Nissan March 2017 Facelift Hadir Minim Ubahan

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku distributor resmi Nissan Indonesia meluncurkan versi facelift Nissan March. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *